Rabu, 27 Agustus 2014

Tagged Under: ,

Kegiatan Belajar Prakarya Kewirausahaan Kelas X.IS 3

Share

Di hari rabu yang cerah, siswa kelas X.IS 3 memasuki ruangan Laboratorium Komputer. Kembali, guru PKU melakukan pengecekan daftar hadir, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian dan memperkenalkan blog mata pelajaran Prakarya Kewirausahaan http://wirausahasman12bjm.blogspot.com.

Sebelum memulai pelajaran, beberapa siswa meminta untuk melakukan senam otak yang sudah pernah dilakukan pada pertemuan sebelumnya. Seluruh siswa begitu antusias sekali pada saat melakukan senam otak, ada yang larut dengan senamnya, ada juga siswa menggoyangkan jari tangannya saja sambil duduk dikursi.

Setelah selesai melakukan senam otak, pak guru menampilkan beberapa video yang akan dijadikan sebagai bahan untuk praktik nanti. Video yang ditampilkanpun bervariasi, antara lain videonya berisi tentang asal mula sejarah kain sasirangan, kemudian dilanjutkan dengan video proses pembuatan kain sasirangan dengan beberapa warna dalam satu kain.

Siswa dan gurupun berdiskusi mengenai proses pembuatan kain sasirangan, mulai dari tahap pembuatan pola, menjahit jelujur, dan proses pewarnaan. Siswa bernama Arifin menanyakan "bagaimana melakukan proses pewarnaan yang lebih dari satu, pak?". Lalu dijawab oleh pak guru, bahwa proses pewarnaan yang memiliki warna lebih dari satu, pertama kainnya itu harus ditutup dengan karet ban atau juga menggunakan plastik, kemudian nantinya dicelupkan ke warna pertama, kemudian setelah selesai melakukan pewarna yang pertama, kain sasirangan yang sudah dilapisi dengan karet ban atau plastik, lalu dilepaskan dan kembali melakukan proses pelapisan karet ban untuk melindungi warna pertama. Kemudian yang terakhir, melakukan kembali pewarnaan yang kedua dengan warna selanjutnya. Maka, hasil akhirnya akan menghasilkan warna yang lebih dari satu warna.

Menarik bukan untuk dicoba?

Dalam prakarya kewirausahaan ini, nantinya siswa bukan hanya diminta untuk membuat prakarya. Akan tetapi, siswa juga melakukan usaha yang disebut dengan kewirausahaan untuk menjual kain sasirangan yang sudah dihasilkan sebelumnya pada proses prakarya.

Siswa kelas X.IS3, diminta untuk menyiapkan dirinya siap untuk menjadi seorang wirausaha yang akan dilewati pada proses selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik

silakan kirimkan saran dan kritik anda melalui email

Nama Email * Pesan *

Komunikasi Dengan